Review Gigabyte Z690 AORUS ELITE AX DDR4: DDR4 yang Support Intel Alder Lake

Seperti kita ketahui, Intel baru saja merilis prosesor desktop terbaru mereka, yaitu Intel Core generasi ke-12 yang akrab dipanggil Alder Lake. Dan untuk bisa menjalankan prosesor Alder Lake ini, anda harus menggunakan motherboard dengan chipset 600 series.

Kali ini, kami akan mereview motherboard keluaran dari Gigabyte, yaitu Z690 AORUS ELITE AX DDR4. Dan seperti namanya, motherboard Gigabyte Z690 AORUS ELITE yang kami review tidak menggunakan RAM DDR5, tapi menggunakan RAM DDR4

Lalu, seperti apa sebenarnya motherboard dari Gigabyte Z690 AORUS ELITE ini? Fitur apa saja yang ditawarkan oleh motherboard yang ini? Langsung saja berikut review dari Gigabyte Z690 AORUS ELITE AX DDR4..

Seperti motherboard seri AORUS yang lain, Gigabyte menggabungan warna hitam dan silver untuk motherboard yang satu ini. Serta, ada juga beberapa RGB LED disekitaran motherboard, yang bisa dikendalikan lewat software AORUS.

Termasuk ke motherboard kelas tinggi dan diperuntukkan untuk teman-teman pecinta game, Gigabyte memasangkan lumayan banyak pendingin pasif untuk memberi rasa nyaman ketika bermain game atau mungkin jika anda ingin meng-overclock PC anda.

Gigabyte memakai heat spreader besar yang mengcover semua MOSFET yang berada di motherboard. Terdapat juga sebuah heat spreader yang tidak kalah besar pada bagian bawah piranti. Di bagian atas, heatsink ini mendinginkan SSD M.2 NVMe PCIe Gen 4×4 supaya masih tetap dingin untuk mengontrol performa.

Dan pada bagian bawah, ada sebuah heat spreader yang besar yang berguna untuk mendinginkan dua M.2, dimana satunya adalah SSD PCIe 4.0 dan satunya SSC PCIe gen 3.0.

Di bagian kanan, terdapat heat spreader yang diperuntukkan untuk mendinginkan kontroler chipset Z690. Gigabyte cukup optimis dengan jalan keluar pendinginan mereka untuk mendinginkan chipset itu.

Dengan desain PCB warna hitam, yang memakai tehnologi 2X Copper PCB. Mereka mengeklaim jika dengan memakai tehnologi ini, mereka bisa membuat motherboard ini lebih bertahan lama dan dingin.

Sementara untuk power, motherboard ini memakai design pin CPU 8+4. Maka CPU akan memperoleh daya yang cukup saat anda melakukan pengujian overclock, ini merupakan standard di motherboard Gigabyte kelas atas.

Karena memakai chipset seri 600, motherboard ini memakai socket LGA 1700 generasi terbaru. Ukuran dari socket ini berlainan dengan CPU generasi awalnya, hingga memerlukan cooler dengan bracket baru untuk mendinginkan CPU itu.

Beralih ke sektor RAM, sama seperti yang telah kami ulas pada awal, motherboard ini memakai RAM DDR4. Gigabyte mengeklaim, motherboard ini segera dapat jalankan RAM DDR4 sampai kecepatan DDR4 5333.

Kalian segera dapat memakai keseluruhan empat slot RAM itu dengan keseluruhan 128GB, dengan optimal satu slot RAM sebesar 3 2GB. Maka kalian segera dapat mempunyai kemampuan RAM yang besar.

Untuk PCIe, kalian akan memperoleh keseluruhan 1 buah PCIe Gen 5 x16. Disamping itu, kalian akan memperoleh 2 buah PCIe Gen 3.0 x16. Maka pemakai segera dapat dua slot PCIe untuk beragam keperluan.

Anda akan memperoleh 4 SSD NVMe di motherboard ini. Tidak ketinggal, anda juga akan memperoleh keseluruhan 6 SATA III yang memberi kemampuan penyimpanan yang besar.

Lalu untuk port USB eksternal, anda akan memperoleh 1 header USB Tipe -C port yang memberikan dukungan USB 3.2 Gen 2. Tidak ketinggal, ada sebuah port untuk USB 3.2 Gen 1, dan 2 port untuk USB 2.0.

Untuk port I/O, pada bagian belakang, pemakai akan memperoleh keseluruhan 4 USB 2.0, 1 USB Tipe -C 3.2 Gen 2×2, 2 buah USB 3.2 Gen 2 Tipe -A ( warna merah), dan 3 buah USB 3.2 Gen 1.

Untuk jaringan, pemakai akan memperoleh sebuah LAN Realtek 2.5GbE LAN chip (2.5 Gbps/1 Gbps/100 Mbps) dan sebuah Intel Wi-Fi 6 AX201 dengan support WIFI a, b, g, n, ac, ax, support 2.4/5 GHz Dual-Band, BLUETOOTH 5.2, dan 11ax 160MHz wireless standar dengan kecepatan sampai 2.4 Gbps.

Di lain sisi, untuk video, ada 1 buah HDMI port 2.1 dengan resolusi optimal 4096×[email protected] Hz dan sebuah DisplayPort 1.2 yang mempunyai resolusi maksimal 4096×[email protected] Hz.

Dan pada bagian audio, Gigabyte menggunakan Realtek ALC1220-VB CODEC yang memberikan dukungan audio 7.1 yang mempunyai kualitas suara yang paling baik.

Related Posts

Savefrom 2022: Unduh Lagu di YouTube ke Musik

Savefrom 2022: Unduh Lagu di YouTube ke Musik Berikut langkah unduh video youtube kualitas HD lewat savefrom.net, tak perlu terapan, cukup sekali click, berfaedah dan simpel. YouTube…

Mengetahui Fungsi Dari Mp3 Juice

Mengetahui Fungsi Dari Mp3 Juice MP3Juice yakni basis gratis buat lacak dan mengambil file lagu MP3 dari YouTube dan basis lain secara berbarengan dengan cepat dan mudah….

Downloadgram: Ambil Poto, Video, IGTV, Story serta Reels Instagram Tinggal Tempel Link

Downloadgram: Ambil Poto, Video, IGTV, Story serta Reels Instagram Tinggal Tempel Link Lihat trik mendownload photo IG, video Instagram, dan IGTV lewat Ambilgram – pengunduh Instagram tiada…

0882 kartu Apa, Berikut Hal Yang Penting Didapati

0882 kartu Apa, Berikut Hal Yang Penting Didapati Mungkin untuk mayoritas orang masih terasa asing bernomor awalan spesifik atau umumnya disebutkan code prefix 0882. Maka tidak aneh…

Laptop Terbaik ASUS untuk Editing dan Rendering Video Tahun 2022

Semakin berkembangnya teknologi, keluarnya perangkat-perangkat baru yang semakin mumpuni dalam menunjang aktifitas kita sehari-hari. Terlebih di era digital ini, dimana pekerjaan banyak dilakukan menggunakan perangkat-perangkat seperti laptop…

Review Motherboard ASUS ROG Maximus Z690 Hero

Review Motherboard ASUS ROG Maximus Z690 Hero: Harga Premium Sesuai dengan Fitur yang Melimpah

Semakin banyaknya orang-orang yang mulai memilih komputer atau PC sebagai perangkat pilihan mereka entah untuk bekerja, belajar, mendesain atau sekedar bermain game. Kini suguhan dari perangkat-perangkat PC…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.