Review Motherboard ASUS ROG Maximus Z690 Hero: Harga Premium Sesuai dengan Fitur yang Melimpah

Semakin banyaknya orang-orang yang mulai memilih komputer atau PC sebagai perangkat pilihan mereka entah untuk bekerja, belajar, mendesain atau sekedar bermain game. Kini suguhan dari perangkat-perangkat PC yang disediakan pun semakin mengalami perkembangan.

Dan untuk para gamer yang mengejar peforma terbaik dari PC mereka, meng-upgrade PC mereka agar memiliki spesifikasi yang lebih tinggi lagi adalah hal yang wajar. Terlebih bagi mereka yang masih baru akan memulai untuk merakit komputer baru.

Dan yang terbaru, Intel baru saja meluncurkan prosesor generasi ke-12 mereka, yakni Intel Alder Lake pada akhir tahun lalu. Dengan ini, tentu saja menjadi godaan tersendiri bagi pecinta game untuk melakukan upgrade secepatnya.

Namun sayangnya, pada cpu Intel terbaru ini menggunakan soket yang baru untuk jajaran prosesor generasi terbaru tersebut. Jadi ya mau tidak mau, jika anda ingin menggunakan cpu Intel Alder Lake maka anda harus mencari motherboard dengan platform baru, yang menggunakan chipset seri 600.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mereview motherboard dari ASUS, yakni ROG Maximus Z690 Hero. Dan dilihat dari spesifikasi yang tertera di website resmi ASUS untuk spesifikasi motherboard ini, motherboard ini memiliki cukup banyak kelebihan dibandingkan dengan kebanyakan motherboard lain di pasaran.

Untuk model desain sendiri, ASUS tidak banyak mengubah penampilan dari motherboard ini bila dibanding dengan pendahulunya. Perbedaannya cuman adanya sebuah monitor LED besar yang ada di atas penutup back I/O. ASUS menyebutkan ini sebagai Polymo Lighting.

Disamping pada bagian back I/O, ada sebuah monitor LED pada bagian southbridge, yang berada pas di samping slot M.2. Jadi anda bisa mengostumisasi pc mereka sesuai dengan kemauan anda.

ASUS masih memakai heatsink yang memiliki ukuran besar untuk tiap komponen VRM yang berada di motherboard ini. Masih lumrah saja mengingat motherboard ini diperuntukkan untuk beberapa overclocker dan gamer.

Poin yang menarik perhatian saya dari motherboard ini adalah kehadiran tombol khusus di samping RAM yang memiliki fungsi untuk membuka kunci di slot PCIe. Dan seperti teman-teman ketahui, posisi ini susah untuk dijangkau apa lagi sekarang GPU yang dijual di pasaran memiliki ukuran yang rata-rata besar. Maka terdapatnya tombol ini benar-benar menolong untuk beberapa gamer.

Terdapat fitur menarik lainnya yang disuguhkan motherboard ini, yaitu fitur yang bernama M.2 Q-Latch. Fitur ini sebagai jalan keluar ASUS untuk membantu mempermudah teman-teman untuk memasangkan SSD M.2 tanpa harus memakai baut. Sebagai gantinya, mereka memakai kunci putar yang unik.

Karena masuk ke kategori motherboard premium, ASUS memberi banyak fitur di motherboard ini. Salah satunya seperti support 20+1 power stages, tombol BIOS flashback, tombol clear CMOS, tombol power on lainnya, dan board.

Disamping itu, dalam paket pemasaran ada ROG Graphic Card holder dan ROG Hyper M.2 Card, yang disebut perangkat dimana menyediakan dua slot tambahan untuk M.2 SSD dengan dilengkapi cover heatsink.

Hal yang lain ditunjang oleh motherboard ini ialah support PCIe 5.0 yang datang karena support processor Intel generasi ke-12. Disamping itu ada juga fitur Intel Turbo Boost Max Technology 3.0.

Ada empat slot RAM DDR5 dengan kapasitas maksimum 128GB. ASUS mengeklaim ROG Maximus Z690 Hero ini bisa menjalankan RAM sampai kecepatan 6400MHz saat di overclock.

Motheboard ini juga menyediakan support untuk lima slot M.2 dan enam port SATA 6Gbps. Lalu ada pula Intel 2.5Gb Ethernet dan dongle Intel WiFi 6E dan Bluetooth v5.3. Dan menariknya, akan akan memperoleh lisensi gratis berlangganan AIDA 64 Extreme selama satu tahun.

Untuk harga sendiri, pihak ASUS belum memberi info masalah harga dari motherboard ini. Tetapi menurut pengamatan kami di sejumlah e-commerce, harga berada di range Rp10 juta-an. Memang cukup mahal untuk sebuah moteherboard, akan tetapi harga ini akan sesuai dengan fitur yang akan anda dapatkan.

Related Posts

Savefrom 2022: Unduh Lagu di YouTube ke Musik

Savefrom 2022: Unduh Lagu di YouTube ke Musik Berikut langkah unduh video youtube kualitas HD lewat savefrom.net, tak perlu terapan, cukup sekali click, berfaedah dan simpel. YouTube…

Mengetahui Fungsi Dari Mp3 Juice

Mengetahui Fungsi Dari Mp3 Juice MP3Juice yakni basis gratis buat lacak dan mengambil file lagu MP3 dari YouTube dan basis lain secara berbarengan dengan cepat dan mudah….

Downloadgram: Ambil Poto, Video, IGTV, Story serta Reels Instagram Tinggal Tempel Link

Downloadgram: Ambil Poto, Video, IGTV, Story serta Reels Instagram Tinggal Tempel Link Lihat trik mendownload photo IG, video Instagram, dan IGTV lewat Ambilgram – pengunduh Instagram tiada…

0882 kartu Apa, Berikut Hal Yang Penting Didapati

0882 kartu Apa, Berikut Hal Yang Penting Didapati Mungkin untuk mayoritas orang masih terasa asing bernomor awalan spesifik atau umumnya disebutkan code prefix 0882. Maka tidak aneh…

Laptop Terbaik ASUS untuk Editing dan Rendering Video Tahun 2022

Semakin berkembangnya teknologi, keluarnya perangkat-perangkat baru yang semakin mumpuni dalam menunjang aktifitas kita sehari-hari. Terlebih di era digital ini, dimana pekerjaan banyak dilakukan menggunakan perangkat-perangkat seperti laptop…

Review Gigabyte Z690 AORUS ELITE AX DDR4: DDR4 yang Support Intel Alder Lake

Seperti kita ketahui, Intel baru saja merilis prosesor desktop terbaru mereka, yaitu Intel Core generasi ke-12 yang akrab dipanggil Alder Lake. Dan untuk bisa menjalankan prosesor Alder…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.